Manfaat Peregangan untuk Tubuh

Tubuh itu fleksibel. Seharusnya fleksibel. Anda harus dapat membungkuk dan meraih sesuatu yang Anda jatuhkan di lantai. Anda harus dapat membuka bagian belakang gaun favorit Anda sendiri. Anda harus dapat menjangkau buku yang perlu Anda baca di rak paling atas.

Ini adalah kegiatan sederhana. Tidak ada yang hebat tentang mereka, Anda hanya berbaring sedikit. Namun, jika ada kesulitan dalam melakukan gerakan sederhana seperti itu, maka Anda harus merentangkan batas Anda. Anda sudah membutuhkan program peregangan.

Apa itu Peregangan?

Peregangan hanyalah tindakan memperpanjang tubuh sepenuhnya atau hanya bagian dari itu. Kegiatan ini melibatkan meluruskan atau meregangkan struktur atau anggota tubuh.

Bagaimana Seseorang Melakukan Peregangan?

Peregangan cukup mudah. Seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, itu terlibat dalam kegiatan normal. Itu bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang usia.

Namun tingkat peregangan dan pelenturan berbeda. Otot-otot menegang seiring bertambahnya usia seseorang. Kisaran gerakan sendi dapat diminimalkan. Ini bisa sangat menghambat gaya hidup saat bepergian. Itulah sebabnya seiring bertambahnya usia seseorang, membungkuk atau melenturkan menjadi lebih terbatas. Inilah sebabnya mengapa melakukan peregangan secara teratur, sebagai bagian dari rutinitas sangat penting.

Peregangan sederhana dapat dilakukan setiap hari. Itu dapat dimasukkan dalam gaya hidup dan kegiatan sehari-hari. Itu tidak membutuhkan banyak waktu Anda.

Latihan peregangan juga bisa dilakukan saat latihan. Sebenarnya, peregangan adalah bagian penting dari setiap pelatihan atau olahraga. Itu harus dilakukan terlebih dahulu sebelum yang lainnya. Meregangkan tubuh dan anggota badan merupakan persiapan yang baik untuk aktivitas yang lebih keras.

Kebanyakan atlet akan melakukan duduk dan meraih, di mana mereka posisi di lantai, rentangkan kaki mereka dan mencapai ujung kaki mereka dengan ujung tangan mereka. Sebenarnya, sebagian besar pelatih sebenarnya membutuhkan atlet mereka untuk benar-benar melakukan peregangan sebelum bermain.

Sebenarnya ada waktu ideal untuk melakukan peregangan. Yang terbaik adalah melakukannya dalam 10 menit. Ini akan memberi tubuh kesempatan yang cukup untuk bergerak dan melenturkan otot, sehingga mempersiapkannya untuk gerakan yang lebih rumit dan berat.

Namun para ahli akan mengerutkan kening setelah melampaui 10 menit. Meregangkan latihan hingga 30 menit atau lebih sudah membuat tubuh lelah. Ini tidak akan menguntungkan jika seseorang sedang mempersiapkan sebuah permainan.

Apa Manfaat Peregangan?

1. Tingkatkan Rentang Gerakan
Ketika seseorang terus melakukan latihan peregangan, panjang otot dan tendon juga meningkat. Ini akan membantu dalam meningkatkan rentang gerakan Anda. Dengan demikian, anggota tubuh dan sendi akan dapat bergerak, jauh sebelum cedera dapat terjadi. Anda benar-benar sehat secara fisik.

2. Peningkatan Kemampuan untuk Melakukan Keterampilan
Ketika Anda memiliki berbagai macam gerakan, semakin banyak Anda dapat melakukan lebih banyak hal. Misalnya, Anda bisa melompat tinggi tanpa merasakan sakit saat mendarat kembali di lantai. Ini juga akan membantu Anda memulai olahraga baru atau meningkatkan lebih banyak jika Anda melakukannya. Peregangan dalam aspek ini juga memungkinkan Anda memiliki gaya hidup yang lebih aktif.

3. Pencegahan Cedera
Seseorang dapat mencegah cedera pada persendian, tendon dan otot dengan peregangan. Ketika otot dan tendon tertekuk dengan baik, otot-otot tersebut dianggap bekerja dengan baik. Ini akan membantu dalam pemulihan yang lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Otot-otot tubuh akan dapat melakukan gerakan yang lebih melelahkan dan keras dengan kemungkinan cedera yang lebih kecil.

4. Kurangi Ketegangan Otot
Jika otot diberikan latihan rutin dan peregangan, kecil kemungkinannya otot akan berkontraksi. Ini pasti akan membebaskan Anda dari nyeri atau masalah otot.

5. Meningkatkan Energi
Mampu bergerak lebih banyak juga akan memberi Anda lebih banyak energi. Peregangan juga akan membantu meningkatkan kesadaran Anda, seperti mengetahui bahwa Anda memiliki tubuh yang mampu melakukan banyak hal. Dengan demikian, Anda akan lebih terdorong untuk bergerak daripada merajuk di sudut.

6. Mengurangi Kolesterol
Penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan latihan peregangan yang berkepanjangan, seperti yoga, akan membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Ini tentu saja harus dilakukan dengan diet sehat. Ini bisa mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan pembuluh darah, memungkinkan Anda menghindari penyakit jantung.

Masukkan peregangan dalam gaya hidup sehari-hari Anda. Ini memiliki manfaat yang tidak bisa Anda katakan tidak. Itu juga tidak membutuhkan banyak. Ini bisa menjadi aktivitas yang biasa Anda lakukan, membungkuk dan melenturkannya sesekali. Bagaimanapun, kebugaran Anda adalah segalanya, jadi lakukan apa yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*