Hal yang Harus Diperhatikan tentang Kesehatan Mental

Sumber: alodokter.com

Kesehatan mental mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak orang yang peduli pada kesehatan mental, dan banyak pula yang tidak. Sebenarnya apa sih kesehatan mental itu? Apakah kesehatan mental masalah yang serius? Lalu bagaimana cara mengatasi masalah kesehatan mental? Banyak hal yang harus kamu perhatikan tentang kesehatan mental. Sebenarnya apa itu kesehatan mental? Menurut WHO, kesehatan mental didefinisikan sebagai keadaan di mana individu merasa sejahtera. Dilansir dari halodoc.com kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada peribadian dan perilaku seseorang. Nah, kamu harus menggaris bawahi kata sejahtera dan meninggalkan dampak. Kesehatan mental dipengaruhi oleh dua hal tersebut. Jika seseorang merasa tidak sejahtera atau pernah mengalami peristiwa tidak mengenakkan, biasanya akan menjadi trauma dan mempengaruhi kepribadian. Orang yang memiliki trauma biasanya disebut dengan orang yang memiliki gangguan jiwa. Gangguan mental atau gangguan jiwa menurut alodokter.com adalah penyakit yang mempengaruhi emosi, pola pikir dan perilaku penderita. 

Sebelum membahas tentang bagaimana mengatasi masalah kesehatan mental, terlebih dahulu kamu harus mengetahui tentang gejala apa saja yang ditimbulkan dari gangguan mental ini. 

Beberapa contoh gejala gangguan mental adalah seringnya berhalusinasi, delusi dan suasana hati yang berubah-ubah. Halusinasi adalah sensasi ketika seseorang melihat, mendengar, atau merasakan sesuatu yang sebenarnya tidak nyata. Delusi atau waham adalah meyakini sesuatu yang tidak nyata atau tidak sesuai dengan fakta yan ada. Suasana hati yang berubah-ubah dalam periode tertentu, seperti perasaan sedih yang berkepanjangan dan rasa cemas dan takut yang berlebihan. Selain itu, gejala lainnya adalah perubahan pada pola tidur, kecanduan nikotin dan alkohol dan melakukan perilaku yang tidak wajar seperti berteriak-teriak tidak jelas, tertawa atau berbicara sendiri dan keluar rumah dalam kondisi telanjang.  Selain gejala mental, penderita ini juga dapat mengalami gejala fisik seperti sakit punggung, maag dan sakit kepala.

Apa sih yang menyebabkan gangguan mental ini terjadi? Selain mengalami trauma, terdapat beberapa penyebab gangguan mental yang dibagi menjadi faktor psikologis dan biologis.

  1. Faktor psikologis

Penyebabnya adalah peristiwa traumatik seperti pelecehan seksual atau kekerasan, kurang mampu bergaul dengan orang lain, kehilangan orang tua atau disia-siakan pada masa anak-anak, perasaan rendah diri, tidak mampu marah dan kesepian, perceraian atau ditinggal mati oleh pasangan.

  1. Faktor biologis (gangguan mental organik)

Dapat berupa infeksi seperti infeksi dari bakteri streptococcus, gangguan pada fungsi sel saraf otak, kerusakan otak akibat terbentur, penyalahgunaan NAPZA dalam jangka waktu panjang dan kekurangan nutrisi.

Dalam mengatasi masalah kesehatan mental, kamu dapat menggunakan beberapa obat atau pun melakukan terapi. Menurut halodoc.com psikoterapi dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah kesehatan mental. Psikoterapi merupakan terapi bicara yang memberikan media yang aman untuk pengidap dalam mengungkapkan perasaan dan meminta saran. Psikoterapi berserta perawatan dengan penggunaan obat merupakan cara yang paling efektif untuk mengobati penyakit mental. Pemberian obat-obatan dalam mengobati penyakit mental umumnya bertujuan untuk mengubah senyawa kimia otak di otak. Obat dapat beruba SSRI atau selective serotonin reuptake inhibitor atau SNRI (serotonin-norepinephrine reuptake inhibitor). Selain itu penderita juga membutuhkan support dari lingkungannya. Support group juga dapat dilakukan untuk pemulihan penyakit gangguan mental ini.

Itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam mengatasi masalah kesehatan mental. Jangan mengolok-olok orang yang memiliki gangguan mental atau bahkan kamu yang mengalami beberapa gejala gangguan mental, sebaiknya segera menghubungi psikolog atau klinik untuk mengatasi gejalanya. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*